Cari Blog Ini

Jumat, 08 April 2011

Lorenzo Menang Dramatis


JEREZ - Balapan super dramatis di Jerez dimenangkan Jorge Lorenzo di hadapan pendukung sendiri. Juara bertahan MotoGP itu mengklaim podium pertama di seri Spanyol itu untuk kali kedua beruntun. Lorenzo sekaligus memuncaki klasemen sementara mengemas poin 45di atas rival - rivalnya.
Dalam balapan 27 lap seri kedua musim ini di atas lintasan basah yang sempat diguyur hujan, Minggu (3/4), Lorenzo berada di posisi kedua selepas start di belakang Casey Stoner yang memegang pole position. Di lap kelima Marco Simoncelli mengambil alih tempat kedua setelah menyalip Lorenzo di tikungan. Casey Stoner pun dilewati Simoncelli untuk memimpin balapan. Sedangkan Valentino Rossi yang start dari grid ke-12 merangsek ke urutan ketiga di lap ke-6.

Drama di Jerez dimulai saat memasuki lap ketujuh dimana Rossi yang berhasil melewati Stoner malah tergelincir sehingga keduanya terjatuh keluar lintasan. Stoner akhirnya gagal menyelesaikan balapan sedangkan Rossi terus membalap. Di posisi terdepan motor Simoncelli oleng sehingga membuatnya terjatuh. Lorenzo pun diuntungkan untuk mengambilalih pimpinan lomba hingga garis finis dengan catatan waktu 50 menit 49,046 detik. Di belakangnya Dani Pedrosa dan Ben Spies berebut peringkat kedua. Tim Yamaha Factory Racing nyaris merebut podium satu dan dua namun Spies yang sempat menduduki posisi kedua harus merelakannya diambil Pedrosa saat balapan tersisa tiga lap. Pedrosa terpaut sangat jauh 19,339 detik dengan Lorenzo sedangkan Nicky Hayden yang beruntung mendapatkan posisi ketiga berselisih 29,085 detik. Delapan pebalap mengalami insiden kecelakaan pada balapan ini dan lima diantaranya gagal finis.
Podium pertamanya musim ini dirasakan Lorenzo cukup berat diraih. "Sulit mempertahankan fokus dan konsentrasi. Kondisi ban buruk di setiap lap dan harus melambat di setiap tikungan. Tak mudah tetap konsentrasi saat melihat banyak kecelakaan di balapan panjang ini. Tapi motor bekerja baik dan saya menang untuk kedua kalinya di Jerez, sirkuit terbaik di dunia," papar Lorenzo seperti dilansir Autosport, Minggu (3/4). Pebalap asal Mallorca itu juga mengakui diberkahi keberuntungan dari tabrakan Stoner dan Rossi sehingga bisa menang untuk pertama kalinya di lintasan basah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar